Menu

KURIKULUM 2013 SMAN 8 SEBAGAI PILOT PROYEK

0 Comments

Dalam RPJM ( Rencana Pembangunan Jangka Menengah ) Nasional tahun 2010- 2014, bahwa perlu adanya penataan kembali kurikulum saat ini, sehingga dicanangkannya pemberlakuan kurikulum 2013 yang merupakan penyempurnaan Kurikulum sebelumnya. Yang selanjutnya dipertegas oleh Menteri pendidikan dan Kebudayaan M. Nuh, bahwa kurikulum 2013 diharapkan dapat menghasilkan insan produktif, kreatif, inovatif, afektif, melalui penguatan sikap, ketrampilan, dan pengetahuan yang terintegrasi.

Kurikulum 2013, dalam pembelajaran lebih menekankan kepada pendekatan scientific( pendekatan ilmiah ), tematik terpadu ( tematik antar mata pelajaran untuk SD dan SMP ),tematik( dalam satu pelajaran ), pembelajaranberbasis penyingkapan/ penelitian ( discovery/ Inquiry learning ), dan pendekatan pembelajaran yang menghasilkan karya berbasis pemecahan masalah ( project based learning) untuk mendorong kemampuan peserta didik menghasilkan karya konstektual, baik individu maupun kelompok.

Adapun fasilitas juga difokuskan kepada terwujudnya pendekatan saintific, discovery learning, project based, problem based, inquiry learning, dan hight order thinking skills dalam pembelajaran. Pelaksanaan penilaian sesuai dengan kebutuhan dan kaidah- kaidah penilaian authentic assessment, PAK ( Penilaian Acuan Kriteria ) dan Portofolio.
SMA Negeri 8 Kota Bekasi pada tahun 2013, diberikan kesempatan untuk menjadi piloting proyek kurikulum 2013, adalah merupakan kehormatan dan sekaligus tantangan, Semoga berhasil, sehingga anak- anak bangsa menjadi anak bangsa yang cerdas IQ, SQ dan EQ. @ Sugeng Suwagi, M.Pd

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


one × 7 =

*