Menu

Menyambut hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2013

0 Comments

Generasi muda adalah harapan bagi segenap insan untuk dapat melanjutkan estafet kepemimpinan dimasa yang akan datang. Momen sumpah Pemuda 28 oktober  , bagi bangsa Indonesia adalah momen penting bagi bangkitnya generasi muda untuk bersama- sama mencapai kemerdekaan.

Adalah sebuah refleksi bagi kita semua untuk menatap kedepan, bagaimana kita mempersiapkan diri agar kelak kita masing- masing sesuai dengan tugas fungsinya sebagai calon pemimpin dan pemimpin pada tingkatan masing- masing.

“Setiap kita adalah pemimpin dan setiap pemimpin akan dimintai pertanggung jawaban atas kepemimpinannya” (Al- Hadist). Sabda insan mulia tersebut sungguh agung maknanya. Mengisyaratkan setiaip orang untuk mengetahui dan melaksanakan kepemimpinan dengan baik dan benar. Untaian kalimat ideal yang bernilai “luhur” itupun memotivasi setiap individu untuk memiliki ilmu (teori) kepemimpinan dan teknik pengambilan keputusan. Dua hal tersebut ibarat 2 sisi dari satu mata uang. Ketika ada kepemimpinan tentu ada teknik pengambilan keputusan. Kenyataan membuktikan; mulai dari bangun tidur sampai akan tidur lagi setiap manusia tidak bisa terlepas dari kepemimpinan dan teknik pengambilan keputusan. Jangankan yang melaksanakan kepemimpinan dalam lingkup tertentu dan formal, yang jadi bawahan pun (bukan pemimpin formal) ia harus memimpin dirinya untuk bisa bangun dari tempat tidur. Kemudian, begitu bangun tidur ia harus langsung mengambil keputusan; mandi dulu, minum dulu, cuci muka dulu, atau olahraga dulu, dan masih banyak alternatif yang mesti dipilih. Dan itu memerlukan teknik pengambilan keputusan agar keputusan yang diambil tepat dan penuh manfaat. Dengan melakukan pengambilan keputusan dalam memilih satu kegiatan yang lebih dulu akan dilakukan dari sejumlah alternatif yang ada, berarti ia melakukan proses kepemimpinan. Sugeng Suwagi, M.Pd

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


8 − = three

*