SEKILAS INFO
: - Sunday, 24-03-2019
  • 3 bulan yang lalu / Segenap civitas akademika SMA Negeri 8 Kota Bekasi mengucapkan “Selamat Hari Ibu.” Semoga kita bisa lebih maksimal dalam menghormati, menjaga dan berbakti kepada ibu kita.
  • 3 bulan yang lalu / Selamat menikmati libur akhir semester. Semoga bisa lebih fresh dan bersemangat saat masuk beraktivitas lagi.

Hari Kebangkitan Nasional yang kita peringati setiap tanggal 20 Mei mengingatkan kepada kita semua akan perjuangan yang telah dipelopori oleh para pendahulu kita melalui gerakan “Boedi Oetomo” tersebut, dapat dijadikan suatu enerji bagi langkah-langkah kita kedepan. Juga sekaligus menjadi renungan dan evaluasi, sejauhmana semangat nasionalisme tersebut terimplementasi dalam setiap potensi, profesi, tugas dan tanggung jawab perilaku masing-masing individu warganegara Indonesia dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Sejalan dengan semangat dan jiwa kebangkitan nasional yang telah dirintis oleh para pendahulu kita,

Mudah-mudahan semangat kebangkitan nasional yang telah dirintis oleh para pendahulu kita, yang kita peringati pada tanggal 20 Mei tahun 2015 ini, tetap dan terus menjadi obor penerang dan pencerah bagi langkah anak bangsa menjaga dan mengembangkan konstruksi nasionalisme yang bercirikan ke-Indonesia-an sejati. Konstruksi nasionalisme yang berkarakter sebagai bangsa yang bermoral (relegius), karakter sebagai bangsa yang beradab, karakter sebagai bangsa yang bersatu, sebagi bangsa yang maju.

Dalam bidang Pendidikan, Menurut UU no 20 tahun 2003 pasal 3 menyebutkan pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk karakter bangsa yang bermartabat. Ada 9 pilar pendidikan berkarakter, diantaranya adalah:
1. Cinta tuhan dan segenap ciptaannya
2. Tanggung jawab, kedisiplinan dan kemandirian
3. Kejujuran /amanah dan kearifan
4. Hormat dan santun
5. Dermawan, suka menolong dan gotong royong/ kerjasama
6. Percaya diri, kreatif dan bekerja keras
7. Kepemimpinan dan keadilan
8. Baik dan rendah hati
9. Toleransi kedamaian dan kesatuan
Nah, ke-9 karakter itulah yang dapat kita termasuk Bapak dan Ibu guru sisipkan dalam tiap pembelajaran dikelas maupun diluar kelas. Semoga menjadi pencerah dalam menciptakan siswa-siswa berkarakter kuat dan amanah.
( Dikutip dari berbagai sumber )

Link

Link Banner
Link Banner
Link Banner
Link Banner
Link Banner