SEKILAS INFO
: - Thursday, 09-04-2020
  • 4 bulan yang lalu / Segenap civitas akademika SMAN 8 Bekasi mengucapkan selamat hari Guru Semoga terwujud SDM Indonesia Unggul.
  • 9 bulan yang lalu / Segenap managemen SMA Negeri 8 Bekasi mengucapkan selamat kepada siswa-siswi yang telah ditetapkan masuk sebagai siswa-siswi baru SMAN 8 Bekasi tahun pelajaran 2019/2020. Gali dan tunjukkan prestasi Anda di sekolah.
  • 11 bulan yang lalu / Segenap civitas akademika SMA Negeri 8 Kota Bekasi mengucapkan “Selamat kepada putra-putri kelas XII IPA maupun IPS yang telah dinyatakan lulus untuk tahun pelajaran 2018/2019.” Semoga sukses menuju jenjang selanjutnya.

KEAJAIBAN OTAK

Oleh MUNAWIR

Terdapat banyak ungkapan untuk menggambarkan otak manusia, “alat pintar yang mempesona, “raksasa yang lagi tidur, “seperangkat mesin tele komplek,” wilayah terbesar dunia yang belum tergali,”dan masih banyak lagi, ahli biologi,ahli psikologi, ilmuwan evolusi,pendidik, juga penulis, semuanya bersaing untuk menghasilka uraian definitif. Tentang otak, mereka ingin meniliai secara “adil” terhadaf srtuktur yang paling komplek ini.

Tanpa memperdulikan ungkapan yang berlebihan, analogi yang cerdas,serta metafora yang kreatif, otak anda-bersama capaian-capaian terbesar dalam sejarah manusia, membenarkan segala ungkapan tersebut. Luar biasa, otak manusia memang lebih komplek dan lebih canggih bila dibandingkan dengan super kompiuter yang tercanggih sekalipun.Pada kenyataannya otak adalah organ tubuh yang memiliki kesempatan  dan peluang tak terhingga. Kita tiba di sebuah dunia yang memiliki hamper. 100 miliar sel. Ambil beberapa juta dari hampir 100 milyaran sel itu, yaitu jumlah sel yang anda miliki seperti yang dimiliki oleh para pemikir hebat,filosop, ilmuwan,penjelajah, pemimpin dunia. yang jumlahnya sangat banyak.

Itu menunjukkan kepada kita  bahwa kapasitas otak manusia memang sangat mengagumkan, otak manusia lebih canggih dibandingkan dengan computer yang paling cerdas dimuka bumi ini, dan otak manusia menujukkan potensi yang belum sepenuhnya tergali, tatkala manusia menemukan batas-batas ruag angkasa, wilayah yang lebih luas justru berada  di bumi ini,yaitu didalam  didalam  batas-batas tengkoak kita masing-masing, Kenyataannya lebih banyak hubungan dalam otak manusia dari pada jumlah Atom dijagat raya ini, itulah secara dramatis diungkapkan oleh  Robert Ornstein, Profesor dari Universitas Stanford. USA.

Pengetahuan manusia berkembang sangat pesat dalam satu dasa warsa terakhir ini Otak manusia lebih banyak dipelajari dibandingkan selama ini, Secara khusus kemajuan dasyat tehnologi telah mendorong para ilmuwan untuk memecahkan misteri otak. Prosedur-  non-invasif seperti citra  resonansi magnetic ( Magnetic resonance imagery) MRI dan tomografi emisi positron( positron emisi tomografi) PETI, telah menyediakan jendela bagi ilmuwan dapat menyelami kedalam otak manusia, hasilnya para ilmuwan dapat secara actual menyaksikan bagaimana proses pemikiran berlangsung, rasa takut meletus,atau memori yang telah lama terkubur muncul kembali dalam kesadaran.

Para ilmuwan yang menggunakan tehnologi pencintraan otak kini hanya dalam beberapa jam saja dapat mengumpulkan jenis data yang dulu dikumpulkan dalam jangka 20 tahun kerja didalam laburatorium dengan menggunakan monyet dan kera. Kedengaranya luar biasa, akan tetapi memang demikian faktanya. Melalui terobosan ini, para ilmiwan dapat membedakan antara satu kelompok Neuron dengan kelompok Neuron yang lain yang hanya terpisah dengan jarak 1 milimeter. Perlu kita tahu bahwa terdapat 30.00 Neuron dalam ruang sebesar ujung peniti.

Pada saat yang bersamaan, ilmu penegtahuan kognitif telah pula melangkah lebih maju dengan lahirnya, teori-teori penting yang memanfaatkan proses-proses biologis untuk menjelaskan cara kerja Otak.Teori-teori ini akhirnya dapat dipakai dalam tes, maka sudah sepatutnya kita berterima kasih kepada Allah yang telah meridloi manusia untuk menciptakan tehnologi pencintraan Otak.

Menurut Robert Sylwester “ Guru besar pendidikan Universitas Oregan “Karya teoritis ini bersama perkembangan-perkembangan dalam teori Genetika, boleh jadi ini akan melahirkan suatu “  Abad Biologi “ seperti halnya Teori Albert Enstein melahirkan kemajuan-kemajuan dalam Fisika yang telah mendominasi Abat ke-20.

Suatu hal yang jelas jika kita ingin mengembangkan otak kita, kita membutuhkan latihan-latihan terus menerus, setiap hari mirip  dengan orang yang berfisik bugar mengembangkan dan memelihara kelenturan otot . Penelitian Marion dan Diamond  dari Universitas Berkeley, menemukan jika kita tidak melatih serta menjaga otot dan mental , maka otot dan mental kita akan melemah dan mengendur seperti otot Bisep atau otot perut kita. Apresiasi dan pemahaman terhadap “Ruang dalam “ dan cara Otak bekerja adalah sangat dasar sekali untuk memahami Proses belajar . mengapa belajar seumur hidup” dari buaian hingga liang lahat”  begitu pentingnya  dan bagaimana ia dapat dikembangkan secara luar biasa bagi setiap orang.

Otak manusia yang terdiri dari jaringan yag sangat rumit, ini juga dapat dianggap terbelah menjadi dua yang lebih popular disebut “Otak Kiri” dan “otak kanan”  pembagian ini bukanlah merupakan temuan yang baru , orang mesir kuno mengetahui  bahwa otak kiri menerima sensasi-sensasi sisi kanan tubuh kita dan demikian pula sebaliknya. Otak kiri khusus diperuntukkan bagi aspek-aspek pembelajaran bahasa dan matematika,pemikiran logis ,runtut dan analitik. Sedangkan otak kanan berhubungan dengan aktifitas-aktifitas kreatifitas yang menggunakan irama,musik,kesan visual,warna dan gambar. Otak kanan adalah “pemikiran metaforis” . Otak kita terlalu rumit dan komplek untuk  dikatagorikan secara ketat, dan pada kenyataannya kedua belahan itu saling berkomunikasi terus menerus.

Walaupun demikian setiap belahan otak dominant dalam aktifitas aktifitas tertentu namun keduanya terlibat hamper semua proses pemikiran, namun meski demikian ada pelajaran yang utama yang harus diapresiasikan ketika kita hendak memroses informasi untuk pembelajaran.

TINGGALKAN KOMENTAR


× 9 = seventy two

Link

Link Banner
Link Banner
Link Banner
Link Banner
Link Banner