SEKILAS INFO
: - Tuesday, 29-11-2022
  • 5 bulan yang lalu / Selamat kepada siswa-siswi kebanggan SMAN 8 Bekasi yang lulus jalur sbmptn tahun 2022 : 1. Karina Christanti Victoria 12 ipa 5/Unsika/ S1 Akuntansi 2.Muhammad Ridho Nurhafisyah 12 ips 2/ UNJ/ S1 Pendidikan Jasmani 3.Anisa Aprilia 12 ipa 5/ UPN’ Veteran ‘ Jakarta / S1 Manajemen 4. Eunike Mutiara 12 ipa 5/ UNJ/ S1 Biologi 5.Septamimah...
  • 7 bulan yang lalu / SELAMAT KEPADA SISWA SISWA SMAN 8 BEKASI YG DITERIMA MELALUI JALUR SNMPTN UNDANGAN TAHUN 2022 MAUPUN JALUR – JALUR YANG LAIN
  • 1 tahun yang lalu / SELAMAT KEPADA SISWA SISWA SMAN 8 BEKASI YG DITERIMA MELALUI JALUR SNMPTN UNDANGAN SEBANYAK 68 SISWA ALHAMDULILAH MENJADI THE BEST TEBANYAK DI KOTA BEKASI TAHUN 2021 TERSEBAR DI UGM UNPAD UNDIP UNSED IPB UNS UNJ UPI UNBRA ITERA  UIN UPN
Konsep Kurikulum Merdeka Belajar

Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) baru-baru ini telah mengeluarkan kebijakan baru mengenal proses belajar di Indonesia. Kebijakan baru dalam proses belajar mengajar tersebut dikenal dengan Kurikulum Merdeka, sebagai bagian dari Merdeka Belajar. Lantas, apa itu kurikulum merdeka belajar?

Kurikulum Merdeka belajar dirancang sebagai bagian dari upaya Kemendikbudristek untuk mengatasi krisis belajar yang telah lama dihadapi, dan menjadi semakin parah karena pandemi. Krisis ini ditandai oleh rendahnya hasil belajar peserta didik, bahkan dalam hal yang mendasar seperti literasi membaca.

Krisis belajar juga ditandai oleh ketimpangan kualitas belajar yang lebar antar wilayah dan antar kelompok sosial-ekonomi. Tentu, pemulihan sistem pendidikan dari krisis belajar tidak bisa diwujudkan melalui perubahan kurikulum saja. Diperlukan juga berbagai upaya penguatan kapasitas guru dan kepala sekolah, pendampingan bagi pemerintah daerah, penataan sistem evaluasi, serta infrastruktur dan pendanaan yang lebih adil. Namun kurikulum juga memiliki peran penting.

Kurikulum berpengaruh besar pada apa yang diajarkan oleh guru, juga pada bagaimana materi tersebut diajarkan. Karena itu, kurikulum yang dirancang dengan baik akan mendorong dan memudahkan guru untuk mengajar dengan lebih baik pula.

Apa dan Bagaimana Implementasinya?

Kurikulum Merdeka Belajar merupakan bentuk evaluasi dari Kurikulum 2013. Dikutip dari laman Kemdikbud, kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi.

Guru sendiri memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik. Kurikulum ini juga merupakan opsi bagi semua satuan pendidikan yang dalam proses pendataan merupakan satuan pendidikan yang memiliki kesiapan melaksanakan kurikulum Merdeka Belajar.

Link

Link Banner
Link Banner
Link Banner
Link Banner
Link Banner