SEKILAS INFO
: - Sunday, 26-05-2019
  • 2 minggu yang lalu / Segenap civitas akademika SMA Negeri 8 Kota Bekasi mengucapkan “Selamat kepada putra-putri kelas XII IPA maupun IPS yang telah dinyatakan lulus untuk tahun pelajaran 2018/2019.” Semoga sukses menuju jenjang selanjutnya.
  • 5 bulan yang lalu / Selamat menikmati libur akhir semester. Semoga bisa lebih fresh dan bersemangat saat masuk beraktivitas lagi.
Perbedaan Pendekatan, Strategi, Metode, dan Teknik Pembelajaran

Istilah pendekatan, strategi, metode, dan teknik sering kita temukan bahkan digunakan dalam pembahasan ataupun penyusunan proses pembelajaran di sekolah. Keempat istilah sering digunakan secara bergantian, walaupun pada dasamya istilah-istilah tersebut memiliki perbedaan satu sama lain.
Menurut Joni, T. Raka (1991), pendekatan menunjukkan cara umum dalam memandang permasalahan atau objek kajian. Dalam pembelajaran, pendekatan yang dipilih akan menjadi pedoman dalam memilih komponen pembelajaran lainnya, terutama startegi dan metode pembelajaran.
Strategi pembelajaran merupakan cara-cara yang akan dipilih dan digunakan oleh seorang pengajar untuk menyampaikan materi pembelajaran untuk memudahkan peserta didik menerima dan memahami materi pembelajaran, sehingga tujuan kompetensi, dan hasil belajar dapat tercapai dengan baik. Dalam strategi pembelajaran mengandung penjelasan tentang metode/prosedur dan teknik yang digunakan selama proses pembelajaran berlangsung. Dengan perkataan lain, strategi pembelajaran mengandung arti yang lebih luas dari metode dan teknik. Artinya, metode/prosedur dan teknik pembelajaran merupakan bagian dari strategi pembelajaran.
Ketepatan dalam memilih stategi sangat memungkinkan keterlaksanaan metode-metode terpilih untuk mewujudkan sekaligus menciptakan kondisi pembelajaran yang kondusif dan menyenangkan sehingga peserta didik merasa dipermudah dalam mewujudkan hasil belajar yang diharapkan. Dengan demikian, strategi merupakan komponen pembelajaran yang memungkinkan terlaksananya metode-metode terpilih untuk menyajikan bahan ajar selama kegiatan pembelajaran.
Pervical, Fred & Elington, Henry (1984) menyatakan bahwa metode adalah cara yang umum untuk menyampaikan pelajaran kepada peserta didik atau mempraktikan teori yang telah dipelajari dalam rangka mencapai tujuan. Jadi, metode berhubungan dengan cara yang memungkinkan peserta didik memperoleh kemudahan dalam rangka mempalajari bahan yang disampaikan oleh guru.
Pemilihan metode oleh guru dalam pembelajaran sangat penting, karena ketepatan dalam memilih metode sangat berpeluang bagi terciptanya kondisi yang kondusif dan menyenangkan sehingga kegiatan pembelajaran dapat berlangsung secara efektif dan efisien sehingga peserta didik dapat meraih hasil belajar sesuai yang diharapkan. Dengan demikian, metode merupakan suatu komponen yang sangat menentukkan terciptanya kondisi selama berlangsungnya kegiatan pembelajaran.
Dalam konteks kondisi pembelajaran yang menyenangkan itu, Ivon K. Davies (1981) menegaskan bahwa suatu kegiatan pembelajaran tidak selalu menjamn peserta didik akan dapat belajar. Hal ini menunjukkan bahwa sebaik apapun seorang guru dalam merancang atau mendesain suatu program pembelajaran, program tersebut tidak dapat mewujukan ketercapaian kompetensi yaang diharapkan secara optimal, apabila tidak didukung oleh pemilihan sekaligus penggunaan metode secara tepat.
Teknik pembelajaran seringkali disamakan artinya dengan metode pembelajaran. Teknik adalah jalan, alat, atau media yang digunakan oleh guru untuk mengarahkan kegiatan peserta didik ke arah tujuan yang ingin dicapai (Gerlach dan Ely, 1980).
Pada dasarnya, metode dan teknik pembelajaran itu berbeda. Metode pembelajaran lebih bersifat prosedural, yaitu berisi tahapan tertentu, sedangkan teknik adalah cara yang digunakan, yang bersifat implementatif. Dengan perkataan lain, metode yang dipilih oleh masing-masing itu adalah sama, tetapi mereka menggunakan teknik yang berbeda.
Strategi dapat diartikan sebagai rencana kegiatan untuk mencapai sesuatu. Sedangkan metode ialah cara untuk mencapai sesuatu. Untuk melaksanakan suatu strategi digunakan seperangkat metode pengajaran tertentu. Dalam pengertian demikian maka metode pengajaran menjadi salah satu unsur dalam strategi belajar mengajar. Unsur seperti sumber belajar, kemampuan guru dan siswa, media pendidikan, materi pengajaran, organisasi adalah: waktu tersedia, kondisi kelas dan lingkungan merupakan unsur-unsur yang mendukung strategi belajar-mengajar

TINGGALKAN KOMENTAR


six − 3 =

*

Link

Link Banner
Link Banner
Link Banner
Link Banner
Link Banner